oleh

Aliansi Mahasiswa Merah Putih Dukung Penuh 10 Nama Capim KPK

FOKUSBERITA.ID – Aliansi Mahasiswa Merah Putih bersama beberapa aliansi lainnya menggelar aksi dukung Pansel Capim KPK di depan Istana Merdeka. Mereka meminta DPR RI agar menyetujui 10 nama capim yang diajukan oleh panitia seleksi (pansel).

Menurut koordinator lapangan (korlap) aksi, Gunawan, 10 nama yang diajukan oleh pansel sudah melalui proses panjang. Terlebih ke-10 nama tersebut juga sudah disetujui oleh presiden Jokowi. Sehingga nama-nama tersebut adalah nama yang sudah teruji kredibilitas dan kapabilitasnya.

Karenanya, ia meminta Komisi III DPR RI tidak mudah diiterintervensi oleh pihak manapun saat melakukan fit and proper test terhadap 10 Capim KPK yang akan menjadi pimpinan KPK Periode 2019-2023.

“Kami akan tetap menjaga proses Fit And Proper Test yang dilakukan Komisi III DPR RI agar tidak ada pihak manapun yang mempunyai kepentingan yang ingin mencoba mengintervensi hasil fit And proper test berlangsung, baik pihak yang berada di internal KPK sendiri yang ingin merusak citra KPK maupun pihak-pihak diluar KPK yang mencoba untuk memprovokasi dengan propaganda yang merusak prosesi penetapan pimpinan KPK,” kata orator Aliansi Mahasiswa Merah Putih ini.

Gunawan juga meminta agar tidak ada pihak lain yang mengintervensi it And proper test yang akan dilakukan oleh DPR. Termasuk juga Wadah Pegawai KPK (WP KPK). Menurutnya, WP KPK yang tidak memiliki kapasitas dalam proses seleksi calon pimpinan KPK. Seharusnya mereka tetap bekerja dengan baik seperti biasanya, tidak berusaha menekan atau mengintervensi proses pemilihan pimpinan KPK. Ia juga mendesak LSM yang mengatasnamakan Koalisi Masyarakat Sipil untuk tidak bermanuver saat Komisi III DPR melakukan fit and proper test.

“Hentikan dan tindak tegas kelompok yang mencoba intervensi Komisi III DPR dalam penentuan pimpinan KPK,” tegas Gunawan. (JHN)

Loading...

Baca Juga