oleh

Wajo Berpartisipasi Dalam Aplikasi Otonomi Expo 2019 di Jakarta

FOKUSBERITA.ID – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto membuka event Aplikasi Otonomi Expo (AOE) 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (3/7/2019).

Aplikasi Otonomi Expo 2019 merupakan event tahunan yang digagas oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi). Event ini menjadi upaya mempromosikan potensi ekonomi berbagai Kabupaten di Indonesia.

Wiranto dalam sambutannya mengapresiasi penyelenggaraan Aplikasi Otonomi Expo 2019 ini. Menurutnya acara ini dapat memantik semangat dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Untuk selalu berinovasi mengembangkan potensi daerahnya.

“Otonomi daerah mendorong inovasi. Harus terjadi inovasi otonomi dan kolaborasi yang kuat antar daerah. Pameran ini adalah wadah yang tepat untuk mengenalkan beragam produk dan inovasi dari daerah kepada masyarakat,” ungkap Wiranto saat membuka Aplikasi Otonomi Expo 2019.

Ia juga mengimbau agar Pemkab memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah.

“Pemkab harus bisa mengembangkan produk khas daerahnya, menggunakan teknologi dalam pengembangannya. Sekarang kalau menjual produk tanpa e-commerce bagi saya ketinggalan zaman, tapi saat saya meninjau pameran tadi ternyata Pemkab sudah banyak melakukan inovasi ke dalam produk-produk unggulannya,” pungkas Wiranto.

Sedangkan Ketua Umum Apkasi Mardani H.Maming berpendapat bahwa AOE tidak hanya memamerkan keunggulan komoditi daerah,pameran ini juga menjadi jembatan bagi Pemkab dan para investor untuk membuka jalur usaha.

Bupati Wajo Dr. H. Amran Mahmud yang juga hadir bersama Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Perindustrian dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM mengatakan, acara ini adalah momen yang baik bagi kabupaten Wajo.

“Insya Allah ke depan akan kita jadikan moment baik ini untuk memperkenalkan produk produk unggulan kita seperti sutera dan berbagai kuliner serta produk produk lokal yang akan kita hasilkan melalui program interpreneurship,” jelas Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos.,M.Si. di sela sela acara hari ini.

Apkasi Otonomi Expo 2019 ini sendiri akan berlangsung di Hall A dan Hall B, JCC, Jakarta tanggal 3-5 Juli 2019. Selain pameran, AOE 2019 juga menghadirkan forum bisnis, workshop yang mengangkat isu city branding, field trip, pertunjukan seni budaya daerah, zona kuliner nusantara, pemilihan Putri Otonomi Daerah, serta yang terbaru Apkasi Film Festival. (FAR)

Loading...

Baca Juga