oleh

Bedug Raksasa Salah Satu Icon Jakarta Islamic Centre

FOKUSBERITA – Jakarta Islamic Centre sebagai pusat peradaban Islam tentunya mempunyai ciri khas sebagai icon. Salah satunya adalah keberadaan bedug raksasa yang ada di ruang ibadah utama Masjid Raya Jakarta Islamic Centre. Kata Rakhmad Zailani Kiki Kepala Divisi Pengkajian dan Pendidikan Badan Managemen JIC (20/03/19)

“Bedug memang awalnya bukan budaya Islam asli dari Timur Tengah tetapi diadopsi oleh para wali songo menjadi alat untuk memanggil orang Islam untuk menjalankan sholat. Karena memang dulu alat komunikasi belum secanggih sekarang yang sudah ada seperti speaker, gadget, radio, televisi yang memberikan imformasi tentang datangnya sholat. Karena bedug dan kentongan sudah diterima sebagai sarana pemanggil sholat maka keduanya menjadi bagian budaya Islam di Nusantara. Walaupun secara hukum syariah diperdebatkan oleh para pakar” tandas Kiki yang intens meneliti tentang ulama Betawi dari masa ke masa.

Bedug ini terdiri atas tiga komponen yaitu bedug, rumah bedug dan kentongan yang kesemuanya terbuat dari kayu jati dan nangka. Selain itu plafon rumah bedug yang ditutup dengan 40 lembar kayu jati, menunjukkan umur Rasulullah ketika pertama kali mendapatkan wahyu. Bedug ini berada di kanan mimbar Masjid JIC dan  digunakan setiap pelaksanaan shalat Jumat dan perayaan hari besar Islam.

“Bedug  yang ada di Jakarta Islamic Centre didatangkan dari Jepara Jawa Tengah. Ini memiliki panjang tiga meter dan memiliki diameter 2.10 meter ini. Bedugnya sendiri memiliki desain yang unik dan keren diadopsi dari desain ornamen  masjid JIC dan memiliki makna yang berkaitan dengan Islam. Dalam setiap detail desainnya, salah satu maknanya adalah paku yang berbentuk logo JIC. Dan jumlah ornament sebanyak 114 buah yang menunjukkan jumlah surat dalam Al-Qur’an”.

Kepala Sekretariat Jakarta Islamic Centre, Ahmad Juhandi mengatakan. “Salah satu daya tarik Jakarta Islamic Centre sebagai destinasi wisata religi adalah adanya bedug raksasa ini. Para tamu biasanya berfoto di bedug ini karena istagramable sekali,” pungkasnya. (RED)

Loading...

Baca Juga