oleh

Budidaya Ikan Mujair, Sebuah Opini I Wayan Budiartawan

Budidaya Ikan Mujair

Oleh : I Wayan Budiartawan

Di warung-warung makan Padang di bilangan Simpang Dago di kota Bandung dijual ikan mujair yang telah digoreng sebagai lauk. Banyak orang yang menikmati ikan mujair di sana sebagai salah satu menu favorit. Rasanya enak dan gurih menggoyang lidah. Bisnis ikan mujair sangat menguntungkan.

Ikan mujair mengandung protein yang tinggi sehingga bagus untuk kesehatan. Rumah makan di Simpang itu membidik pangsa pasar ikan mujair. Di kawasan ramai itu banyak yang membeli lauk ikan mujair goreng. Ikan mujair menjanjikan peluang usaha bagi rakyat yang menggelutinya.

Ikan mujair dipelihara dalam kolam. Tanah digali cukup dalam untuk membentuk kolam. Kemudian dibentuk sistem drainage sehingga air bisa masuk dan keluar kolam. Bibit ikan mujair disebarkan di kolam. Secara teratur ikan mujair dalam kolam diberi pakan ikan yang mencukupi.  Ikan mujair dalam kolam dapat dipanen setelah dewasa.

Ikan mujair termasuk ikan air tawar yang umum dibudidayakan didaratan. Budidaya ikan  sekarang dipelajari di perguruan tinggi. Banyak perguruan tinggi membuka jurusan perikanan untuk memdidik para mahasiswa tentang budidaya semua jenis ikan. Produksi ikan adalah aset pendapatan nasional.

Loading...

Baca Juga