oleh

Bupati Kapuas Hadiri Pengukuhan Tujuh Lembaga Nahdlatul Ulama

FOKUSBERITA.ID – Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat, MM, MT menghadiri pengukuhan Pengurus Lembaga Nahdlatul Ulama Kabupaten Kapuas tahun 2020. Acara tersebut bertempat di Aula Islamic Center Masjid Agung Al Mukarram Jalan Tambun Bungai Kompleks Islamic Center, Rabu (22/7/2020) siang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Kapuas Drs HM Nafiah Ibnor, MM. Hadir pula Pj Sekretaris Daerah sekaligus Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Kapuas Drs H Masrani, unsur Forkopimda, Ketua PCNU Kabupaten Kapuas KH Nurani Sarji beserta jajaran dan Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Kapuas.

Dalam sambutannya, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat mengucapkan selamat kepada Pengurus Lembaga NU yang baru dikukuhkan. Ia berharap pengurus baru dapat mengemban tugas dan amanah yang diberikan. Sehingga mampu berkontribusi bagi masyarakat umum dan khususnya umat muslim Kabupaten Kapuas.

Ben pun sedikit menjelaskan terkait Nahdlatul Ulama yang merupakan pilar kuat lembaga yang bertugas untuk memberikan pertimbangan terhadap suatu keputusan atau kebijakan Pemerintah yang menyangkut urusan agama.

“Sebagai suatu lembaga keagamaan, maka peran dan fungsi NU sangat penting. Terutama fungsi pembinaan terhadap umat muslim dalam bidang keagamaan. Yang selama ini dirasakan semakin komplek permasalahannya,” ungkap Ben dalam sambutannya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada segenap Pengurus NU Kabupaten Kapuas yang sudah aktif dalam menyikapi segala permasalahan umat dan sudah bersungguh-sungguh untuk membina umat secara terus menerus.

“Saya harap setelah pengukuhan Pengurus Lembaga NU Kabupaten Kapuas ini. Kedepannya mampu untuk menyusun program dan kegiatan yang sejalan dengan arah program Pemerintah Daerah. Terutama dalam hal pembinaan umat,” imbuh Ben dalam akhir sambutanya.

Dikesempatan yang sama Rais Syuriah KH Muchtar Ruslan menuturkan NU Kabupaten Kapuas selalu bangkit dengan segala lembaga dan Badan Otonomnya untuk mempertahankan Pancasila dan siap menjaga serta mengamankan Pemerintahan yang sah.

“Ditengah-tengah situasi yang sedang terjadi, NU Kabupaten Kapuas selalu bangkit dengan segala kekuatan dan program untuk masyarakat Kapuas dan untuk bangsa Indonesia,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Dr H Junaidi, SE, SKM, M.AP, M.Kes dalam laporannya menjelaskan terdapat tujuh lembaga Nahdlatul Ulama yang baru dibentuk dan dilakukan pengukuhan dengan dimotivasi oleh dua tokoh besar yaitu KH Muchtar Ruslan dan KH Nurani Sarji.

Adapun ketujuh lembaga yang dikukuhkan tersebut diantaranya Lembaga Falakiyah NU, Lembaga Seni Budaya Muslimin (Lesbumi) NU, Lembaga Kesehatan NU, Lembaga Dakwah NU, Lembaga Zakat Infaq Sadakah NU. Lembaga Pendidikan Ma’arif NU serta Lembaga Pendidikan dan Bantuan Hukum (LPBH) NU. (ROB)

Loading...

Baca Juga