oleh

Bupati Kapuas Tegaskan Dengan Kebersamaan, Angka Stunting Bisa Ditekan

FOKUSBERITA.ID – Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat menginstruksikan kepada Perangkat Daerah untuk selalu semangat dalam menjalankan tugasnya dan melayani masyarakat dengan sepenuh hati. Diyakini, bekerja dengan hati yang tulus dan denga kebersamaan dan komitmen yang jelas, angka Stunting di Kabupaten Kapuas pasti bisa diturunkan.

Demikian disampaikan Bupati Kapuas saat memimpin rapat Rembuk Stunting di Aula Bappeda Kabupaten Kapuas, Selasa (28/7/2020) siang. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka penurunan angka Stunting di Kabupaten Kapuas dan dalam rangka Pelaksanaan Aksi 3 Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting tahun 2020.

Ben Brahim juga menegaskan kepada Perangkat Daerah untuk bekerja keras menangani stunting di Kabupaten Kapuas. Diharapkan pula para Camat melakukan pemetaan di wilayahnya tentang sanitasi, air bersih, ibu hamil, balita dan anak.

“Lakukan pemetaan data disetiap wilayah kecamatan hingga desa untuk dapat menghitung sanitasi diwilayah kerja masing – masing, ini dilakukan agar angka penurunan stunting kabupaten Kapuas bisa tercapai dengan cepat dan baik,” kata Bupati Kapuas.

Sementara itu Ketua TP-PKK Kabupaten Kapuas Ary Egahni Ben Bahat berharap Perangkat Daerah yang menangani stunting untuk  mensosialisasikan kepada masyarakat agar mendatangi Posyandu yang ada di Desa – desa.

“Untuk memeriksa secara dini apakah si anak terkena stunting atau tidak, hal ini dilakukan supaya Kabupaten Kapuas tren angka Stuntingnya bisa menurun secara drastis,” kata Ary.

Kepada para Camat, Ary Egahni menginstruksikan kepada Kepala Desa agar lebih agresif dalam melakukan progres penurunan Stunting di Kabupaten Kapuas. Walaupun ditengah pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19). Ia juga menyebut sanitasi maupun air bersih yang ada di Kabupaten Kapuas sudah sangat baik.

Ia berharap, kehadiran Kader PKK dan tenaga dari Posyandu terkait dengan program – program yang direncanakan mulai dari 2015 tidak jalan di tempat. Program yang ada dilaksanakan dengan sepenuh hati, sehingga angka stunting di Kabupaten Kapuas terjadi penurunan yang sangat drastis.

“Ketika situasi dapat terorganisir dan semua bisa bekerja sama. Agar bisa menekan angka stunting ini semaksimal mungkin,” harapnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas H Masrani, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala OPD Lingkup Pemkab Kapuas, Badan Pusat Statistik (BPS) Kapuas dan Camat se Kabupaten Kapuas serta Kader TP-PKK Kabupaten. (ROB)

Loading...

Baca Juga