oleh

Bupati Kapuas Minta Program Food Estate Prioritaskan Putra Asli Kalimantan

FOKUSBERITA.ID – Bupati Kapuas Ben Brahin S Bahat meminta progran pengembangan ketahanan pangan nasional atau food estate di wilayah Kalimantan Tengah memprioritaskan putra asli Kalimantan Tengah sebagai tenaga kerja lokal. Selain untuk membuka lapangan kerja baru untuk putra daerah, pelibatan ini akan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) pemuda-pemudi asli Kalimantan.

Demikian disampaikan Bupati Kapuas usai menyambut kedatangan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia Mochamad Basoeki Hadimoeljono dan Direktur Jenderal (Dirjen) Sumber Daya Air Jarot Widyoko di Kabupaten Kapuas belum lama ini.

Kedatangan dua orang di Kabupaten Kapuas tersebut untuk meninjau secara langsung kondisi terkini lokasi eks Pembukaan Lahan Gambut (PLG) di Kabupaten Kapuas. Nantinya, lokasi tersebut akan dikembangkan untuk ketahanan pangan penyiapan lahan atau food estate.

Dalam kesempatan itu juga, Ben Brahim menyampaikan beberapa usulan terkait rencana pengembangan ketahanan pangan di wilayah Kalimantan Tengah. Salah satunya adalah meminta agar Pemuda dan Pemudi asli Kalimantan Tengah diprioritaskan menjadi tenaga kerja lokal dalam proyek tersebut.

Menurutnya, wilayah Kalimantan Tengah dijadikan wilayah sebagai ketahanan pangan nasional. Maka sudah sewajarnya program ini membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar. Karena itu, ia meminta agar para tenaga kerja nantinya dapat diprioritaskan dari masyarakat asli Kalimantan Tengah itu sendiri.

“Dengan kita memberdayakan putra dan putri asli Kalimantan Tengah sebagai tenaga kerja lokal nantinya dalam proyek penyiapan lahan tersebut, maka kita sudah membuka lahan pekerjaan bagi mereka yang sebelumnya belum memiliki pekerjaan. Sehingga dapat semakin meningkat Sumber Daya Manusia (SDM-red) yang ada di Kalimantan Tengah,” kata Bupati Kapuas.

Usai berdiskusi bersama, Menteri PUPR dan Dirjen Sumber Daya Air menyambut baik usulan dari Bupati Kapuas tersebut. Keduanya berharap dengan adanya tenaga kerja lokal asli dari Kalimantan Tengah dapat semakin mensejahterakan kehidupan masyarakat Kalimantan Tengah.

Selain itu, Bupati Kapuas juga merasa bersyukur atas kunjungan Menteri PUPR dan Direktur Jenderal Sumber Daya Air. Ben Brahim menjelaskan, selain untuk kepentingan negara, ia juga menganggap kunjungan tersebut sebagai bentuk silaturahmi dan reuni. Pasalnya, dirinya, Menteri PUPR  Mochamad Basoeki Hadimoeljono dan Dirjen Sumber Daya Air Jarot Widyoko adalah sesama teman yang pernah bekerja di bidang Pekerjaan Umum. Karenanya, dengan didampingi Anggota DPR RI Dapil Kalteng Ary Egahni Ben Bahat, Bupati Kapuas ini menyambut langsung kedatangan mereka.

“Menteri PUPR Mochamad Basoeki Hadimoeljono dan Dirjen Sumber Daya Air Jarot Widyoko ini memang merupakan sahabat dekat saya. Oleh sebab itu saat menerima kabar akan kedatangan mereka ke Kabupaten Kapuas, saya pun sangat gembira dan dengan senang hati menyambut mereka di Kota Kuala Kapuas,” ujarnya. (ROB)

Loading...

Baca Juga