oleh

Bupati Wajo Launcing Inovasi Desa 2019, Munculkan Enterpreneur Baru

FOKUSBERITA.ID – Pemerintah Kabupaten Wajo melalui Dinas PMD menyelenggarakan Bursa Inovasi Desa yang digelar di Glory Convention Center ( GCC) Wajo, Sulawesi Selatan, Selasa (8/7/ 2019). Melalui kegiatan ini, Bupati mendorong inovasi desa untuk Wajo yang maju dan sejahtera. Dari inovasi desa ini diharapkan muncul enterpreneur baru yang menciptakan lapangan kerja sekaligus membantu mengentaskan kemiskinan.

Bursa Inovasi Desa 2019 kabupaten Wajo terbagi 3 cluster yang secara umum. Dan secara khusus Cluster I yang terdiri dari 6 Kecamatan diantaranya Majauleng, Maniangpajo, Belawa, Tanasitolo, Sabbangparu.

Kadis PMD, Syamsul Bahri, dalam laporannya menyampaikan bahwa Program ini merupakan program unggulan dari Kemendes melalui program Nawacita. Program Kemenkes ini juga sejalan dengan Program prioritas dan kerja nyata Bupati dan Wakil Bupati Wajo. Yaitu membangun Kecamatan yang berbasis produk dan potensi unggulan. Dan diharapkan akan berlanjut pada seluruh desa di Kabupaten Wajo.

Untuk itu melalui program Inovasi desa dari Desa ini diharapkan tim inovasi Desa untuk menggeliat dan bekerja maksimal dalam mendorong inovasi di desa masing masing. Demikian pula bagi Pemerintah Desa untuk mengakomodir setiap inovasi dalam Anggaran pendapatan belanja Desa dan Rencana PembangunanJangka Menengah (RPJM) desa yang sebelumnya harus bersinergi dengan RPJMD Kabupaten Wajo 2020 -2024.

Dalam sambutan Bupati Wajo Dr. H. Amran Mahmud mengatakan bahwa lounching di cluster pertama ini kita mulai dengan menghadirkan produk produk unggulan dan beberapa program yang nantinya ingin dilaksanakan diantaranya mencetak 10.000 enterpreneur serta mengentaskan kemiskinan.

“Kami sangat mengapresiasi bursa inovasi desa ini. Bantuan dari Kemendes ini harus dikawal bersama demi melahirkan inovasi baru dari setiap Desa untuk mensejahterakan masyarakat. Sedangkan banyak Desa yang muncul karena berhasil menaikkan Inovasi Desanya,” ungkap DR. H. Amran Mahmud.S.Sos

Lebih lanjut Bupati Wajo juga ingin mengembangkan destinasi wisata terpadu internasional dengan modal dukungan dari Bapak Gubernur Provinsi Sulsel.

“Kita berharap terciptanya hal hal produktif seperti lapangan pekerjaan dan enterpreneur baru dengan mengemas Danau Tempe dan 3 pulau pulau kecilnya,”ungkap Bupati Wajo.

Terkait dengan destinasi wisata di atas Bupati Wajo mengharapkan kesiapan dari masyarakat Wajo untuk menjamu wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal , mengemas produk produk makanan dalam bentuk oleh oleh.
Khusus untuk kemasan, JICA akan membantu pembuatan kemasan yang modern dan kelihatan cantik serta dipacking dengan menarik.

“Mari manfaatkan dana Desa untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat melalui sinergitas tenaga pendamping desa sehingga Insya Allah menghasilkan produk lokal, sekaligus menghadirkan mart mart lokal sebagai tempat pemasarannya,” Bupati Wajo. (FAR)

Loading...

Baca Juga