oleh

Dinas Pertanian Kapuas Lakukan Vaksinasi Rabies di Kapuas Tengah

FOKUSBERITA.ID – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Kapuas, Bidang Perternakan, Seksi Kesehatan Hewan (Keswan) melakukan vaksinasi rabies di Kecamatan Kapuas Tengah pada 28-31 Agustus 2019 lalu. Sedikitnya 668 hewan peliharaan yang mendapatkan suntik vaksinasi rabies selama empat hari tersebut.

“668 ekor yang disuntik rabies, 655 anjing, 12 kucing dan 1 monyet,” beber Kasi Keswan Distan Kapuas, drh Anik Ariswandani, Sabtu (7/9/2019).

Drh Anik Ariswandani mengatakan, untuk pencegahan penularan virus rabies pada anjing, kucing dan kera dilaksanakan vaksinasi rabies di beberapa desa Kecamatan Kapuas Tengah. Desa-desa tersebut seperti Desa Merapit, Masaran, Kayu bulan, Hurung pukung, Peda Muntai, Bajuh dan Pujon.

Kegiatan yang dipimpin langsung Sekretaris Distan Kapuas Ir Iriani tesebut, disambut warga dengan antusias. Sehingga berhasil melakukan vaksinasi 668 hewan penular rabies (HPR).

“Masyarakat antusias mendukung pelaksanaan program vaksinasi rabies. Bahkan ada yg sudah menunggu-nunggu 2 pelaksanaan vaksinasi rabies yang diadakan setahun sekali oleh bidang peternakan dan kesehatan hewan,”ujar Anik.

Distan Kapuas memanfaatkan antusias warga itu dengan memberikan pelayanan ekstra. Penyuntikan vaksin dilakukan dari pagi hingga malam hari, agar tidak ada satupun hewan peliharaan di daerah itu yang tidak mendapatkan vaksinasi.

“Kemarin di Pujon kami cukup kewalahan. Setiap hari kami jalan dari jhuam 7 pagi sampai jam 7 malam dan bisa dapat begitu banyak hewan yang disuntik,”kata wanita berkecamata minus ini. (ROB)

Loading...

Baca Juga