oleh

IKLB Jabar dan Pemprov Lampung Gelar Festival Negeri Siger di Bandung

FOKUSBERITA.ID – Ikatan Keluarga Lampung Bersatu (IKLB Jabar) menginisiasi kegiatan Festival Seni Budaya Wisata dan Kerajinan UKM Lampung yang akan digelar di Jl.Asia Afrika Bandung pada Jumat dan Sabtu, 20-21 September 2019.

Dalam kegiatan tersebut, IKLB Jabar bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Acara tersebut agenda rutin kegiatan triwulanan IKLB Jabar kali ini bertajuk mengangkat seni budaya nusantara. Sekaligus memperingati dan memeriahkan HUT RI ke-74.

Tak hanya pentas seni budaya, festival tersebut juga sebagai ajang untuk mempromosikan destinasi wisata Lampung dan makanan khas lokal Lampung serta hasil kerajinan UKM Lampung. Yang selama ini sudah dikelola oleh beberapa Usaha Kecil Menengah (UKM) resmi maupun perorangan.

Ketua IKLB Jabar Syafrial SE mengatakan acara kegiatan IKLB Jabar ini dengan nama icon “NEGERI SIGER” Sebagai Branding kegiatan IKLB Jabar. Negeri Siger ini adalah suatu kegiatan yang didalamnya mengangkat seni budaya, wisata, kuliner, dan kerajinan. Khususnya Lampung dan Jawa Barat dan Nusantara pada umumnya.

“Karakter budaya lokal daerah bisa kehilangan identitasnya dan bahkan warna budaya itu sendiri akan luntur. Apabila kita sebagai pelaku sejarah terbawa arus globalisasi. Tanpa bisa mempertahankan identitas khas budaya yang kita miliki” ujar Syafrial di Sekretariat IKJLB Jabar jalan Karawitan No.5 Bandung, Rabu (28/8/2019).

Menurut ketua Panitia Festival Siger Agung Identik, puncak acara akan digelar pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 20-21 September 2019. Kegiatan ini akan dibagi dalam dua sesi. Untuk sesi pertama yaitu pada hari jumat akan dilaksanakan sosialisasi dan promosi destinasi wisata Lampung dan Jawa Barat serta hasil kerajinan UKM Lampung dan Jabar. Dan hari sabtu akan diadakan pagelaran seni dan budaya sampai berakhir dimalam puncak acara Festival Negeri Siger ini.

Agung menjelaskan telah mempromokan dan mensosialisikan ke seluruh Kabupaten/Kota Seprovinsi Lampung dan berbagai pihak untuk mengikuti acara Festival Siger ini nantinya. Beberapa perwakilan utusan dari Kabupaten/Kota sudah menyatakan akan hadir. Perwakilan Kabupaten Pringsewu misalnya, sudah menghubungi panitia pelaksana.

“Kita ingin tunjukan kepada dunia luar bahwa potensi wisata, seni dan budaya serta kerajinan Lampung dan Jawa Barat sangat besar. Dan berpotensi meningkatkan pemberdayaan ekonomi kepada masyarakat lokal,” kata Adam Sekjen IKLB Jabar.

“Target panitia akan menghadirkan 3000 tamu dan undangan. Acara ini sifatnya terbuka. Jadi siapa saja bisa menyaksikan pagelaran seni budaya wisata kerajinan Festival Negeri Siger ini,” tutup Agung. (SSD)

Loading...

Baca Juga