oleh

Diskominfo Bersama Dinkes Kapuas Sosialisasi Cegah Virus Corona

FOKUSBERITA.ID – Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat secara lisan memerintahkan jajaran terkait untuk mengambil tindakan dan langkah-langkah dalam mengantisipasi merebaknya wabah virus corona atau covid-19. Langkah ini sebagai upaya pencegahan secara preventive baik secara pribadi, kelompok masyarakat maupun organisasi pemerintah serta organisasi kemasyarakatan.

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas  mengadakan siaran keliling guna menyampaikan informasi kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Kapuas tentang bagaimana mencegah terjangkitnya virus corona atau covid-19.

Dalam siaran tersebut disampaikan bagaimana pola hidup sehat. Seperti mencuci tangan secara rutin menggunakan disinfektan/sabun dan membilas dengan air mengalir. Rajin berolah raga serta makan makanan yang bergizi. Menjaga kebersihan rumah dan tempat-tempat ibadah serta tempat kerja dan fasilitas umum. Menjaga ketenangan ketertiban serta tidak resah, mengurangi kotak fisik dengan orang atau benda serta menghindari kerumunan masa yang dapat menyebabkan penyebaran penularan virus covid-19. Juga mengurangi kegiatan-kegiatan yang bersifat mengumpulkan orang banyak.

“Sedangkan apabila terdapat gejala-gejala batuk dan demam yang disertai sesak nafas atau terdapat riwayat perjalanan maupun kontak dengan orang dari daerah terjangkit maka langkah-langkah yang harus diambil agar segera memeriksakan diri ke dokter atau puskesmas, atau rumah sakit terdekat,” ujar sumber Diskominfo Kapuas, Senin (16/3/2020).

Disamping itu Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas selalu aktif menyampaikan himbauan melalui siaran radio Pemeritah Daerah, baliho-baliho dan spanduk serta videotron.

Ditempat terpisah, Senin (16/3/2020) Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas juga melakukan penyemprotan disinfektan di pusat-pusat keramaian, rumah-rumah ibadah, sekolah dan juga di tempat fasilitas umum lainnya disamping juga membagikan Hand Sannitezer/Aseptik Gel di beberapa OPD serta mengadakan rapat koordinasi dengan semua OPD dan Instansi terkait mengenai langkah-langkah pencegahan maupun tindakan yang dilakukan dalam menghadapi penyebaran virus covid-19. (ROB)

Loading...

Baca Juga