oleh

KPUD Wajo Gelar Sosialisasi Pendidikan Pemilih Berbasis Keluarga

FOKUSBERITA – Mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pemilihan umum 2019 nanti adalah tujuan diselenggarakannya sosialisasi oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) kabupaten Wajo. Wujud partisipasi tersebut adalah dengan memastikan diri tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Acara ini diadakan di gedung pertemuan masyarakat kelurahan Paria, kecamatan Majauleng, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Jumat (7/12/2018). Sosialisasi ini dihadiri ratusan masyarakat dan beberapa aparat pemerintahan desa dan kelurahan sekecamatan Majauleng.

Pada pertemuan ini tampil dua pembicara. Yaitu Baso Sirajuddin, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (KPP) kecamatan Majauleng dan Haedar SpdI, anggota Divisi Sosialisasi dan Sumber Daya Manusia KPUD Wajo.
Dengan tema “Fasilitasi Pendidikan Pemilih Forum Warga Berbasis Keluarga,” Ketua KPP Majauleng memaparkan maksud dari tema ini.

“Bahwa orang yang hadir di pertemuan ini harus kritis. Dan mendorong setiap anggota keluarganya agar terdaftar sebagai pemilih tetap (DPT),” kata┬áBaso Sirajuddin.

Baso Sirajuddin memberikan contoh, apabila dalam suatu rumah ada anggota keluarga yang memenuhi syarat untuk mendapatkan hak pilih tetapi tidak terdaftar sebagai pemilih. Maka warga yang hadir di sosialisasi ini sebagai bagian dari suatu keluarga tersebut harus bersifat kritis dan memperjuangkan anggota keluarganya untuk mendapatkan hak pilihnya. Yaitu dengan cara melaporkannya kepada KPUD.

Sementara itu Haedar SpdI dalam pertemuan ini menegaskan kepada hadirin untuk menjadi rakyat yang proaktif dalam pemilu. Juga memiliki kesadaran akan nasib bangsa ini kedepannya.

“Rakyat harus responsif, sebab rakyatlah yang memiliki negeri ini. Kita harus pintar memilih siapa yang bisa mewakili aspirasi rakyat dan memperjuangkannya. Dan pemimpin seperti apa yang bisa memberi kontribusi nyata dalam pembangunan bangsa.”

Ia juga mengharapkan kepada masyarakat untuk tidak melihat “Apa” yang calon berikan sebelum dipilih.
Karena pilihan rakyat menentukan “Bagaimana” nasib bangsa di masa mendatang. (FAR)

Loading...

Baca Juga