oleh

Jadi Lumbung Padi Nasional, Menteri Pertanian Optimis Kapuas Jadi Lumbung Hasil Tani Lain

FOKUSBERITA.ID – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut selain menjadi lumbung padi nasional, kabupaten Kapuas juga sangat berpotensi menjadi lumbung berbagai hasil pertanian lainnya. Selain mempunyai lahan yang luas, kabupaten Kapuas mempunyai lahan yang sangat produktif dan potensial untuk dikembangkan.

Optimisme ini disampaikan saat Menteri Pertanian melakukan kunjungan kerja ke Desa Terusan Makmur, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah, Kamis (11/6/2020) siang. Kunjungan ini memenuhi permintaan dari Presiden Jokowi meninjau langsung daerah lumbung padi Indonesia, khususnya yang ada di Kalimantan Tengah.

Dalam sambutannya Syahrul Yasin Limpo optimis Kalimantan Tengah menjadi lumbung padi nomor satu di Indonesia. Selain padi, Menteri pertanian juga optimis akan menjadi lumbung segala bahan pangan yang ada.

“Saya berharap Kalimantan Tengah bisa menjadi lumbung padi nasional dari urutan sekian menjadi urutan teratas. Yang menyediakan bahan pangan tidak hanya padi, akan tetapi juga hasil–hasil tani yang lain,” kata Menteri Pertanian.

Jadi Lumbung Padi Nasional, Menteri Pertanian Optimis Kapuas Jadi Lumbung Hasil Tani Lain
Menteri Pertanian Republik Indonesia Dr. H. Syahrul Yasin Limpo (tengah), Anggota DPR RI Komisi III Dapil Kalteng Ary Egahni Ben Bahat SH (kanan foto) dan Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat (kiri foto), Kamis (11/6/2020) siang.

Menteri Pertanian berterima kasih kepada Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat yang sudah menerima kehadirannya bersama Gubernur Kalimantan Tengah di Kabupaten Kapuas. Ia berharap banyak dengan lahan–lahan yang ada di Kalimantan Tengah, khususnya kabupaten Kapuas. Syahrul Yasin Limpo menyebut lahan di Kapuas merupakan lahan yang sangat produktif dan potensial untuk dikembangkan.

“Di daerah ini mempunyai lahan yang cukup luas untuk para petani mengembangkan lahannya dalam menanam padi. Dan tanaman–tanaman yang lain,” ujarnya.

Syahrul Yasin Limpo pun menyebut hasil di panen padi di Kapuas sangat bagus. Karenanya, ia optimis hasil yang sama akan didapat pada tanaman lain, bahkan untuk sektor selain pertanian.

“Menurut apa yang disampaikan Kadis Pertanian Kapuas, per hektarnya bisa menghasilkan padi sekitar delapan hingga sembilan ton padi. Dan kita berharap ini bisa dikembangkan dari beberapa sektor selain padi. Seperti peternakan,” tuturnya.

Turut hadir dalam kunjungan kerja tersebut, Pangdam XII Tanjung Pura Mayjend TNI Muhammad Nur Rahmad, Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran, Anggota DPR RI Komisi III Dapil Kalteng Ary Egahni Ben Bahat SH, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, Dirjend Mentan RI serta Kepala OPD Lingkup Pemda Kapuas. (ROB)

Loading...

Baca Juga