oleh

DAK Pelayanan Akses Air Minum di Wajo, Akhir Tahun Ini Cair

700 Covid FB

FOKUSBERITA – Penyediaan air bersih dan air layak minum (air minum) masyarakat masih perlu mendapat perhatian serius. Untuk daerah yang tidak terjangkau layanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) umumnya warga memenuhi kebutuhan airnya dengan akses sumur. Tetapi di bulan tertentu, ketersediaan air menjadi langka.

Di Kelurahan Paria, Kecamatan Majauleng, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, keberadaan Sistem Penyediaan Air Minum Ibu Kota Kecamatan (SPAM IKK) keberadaannya sudah puluhan tahun belum mampu mencukupi kebutuhan air masyarakat setempat.

Menurut Ketua SPAM IKK Majauleng, Muhammad Dahri yang fokus berita temui,selasa (11/12/2028) menyatakan bahwa

“Tantangan terberat kami adalah ketersediaan air baku. Bila musim hujan berlalu, pelayanan air minum ke pelanggan juga tersendat. Karena sumber air yang kami pompa dari embung-embung Teppo Panasae juga mengering.”

Hal yang sama juga dialami oleh SPAM IKK lainnya di kabupaten Wajo, bahkan kehilangan sebagian pelanggan karena tak mampu memenuhi kebutuhan air pelanggannya.

700 Covid FB

Di akhir tahun 2018 ini beberapa usaha jasa pengelola dan penyedia air di kabupaten Wajo kembali bersemangat karena bantuan pengadaan dan perbaikan sarana pelayanan air minum dari pemerintah daerah terealisasi.

Melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Cipta Karya, Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pelayanan akses air minum kabupaten Wajo sebesar 6,44 milyar rupiah sudah cair.

“Setelah lelang kontrak kerja,dana ini terbagi 33 paket menyebar ke daerah-daerah pedesaan di kabupaten Wajo. Dengan syarat pernah ada program Pamsimas dan memiliki Idel Kapasity (kapasitas yang belum terpakai),” jelas Kepala Bidang Cipta Karya, Ahmadi.

Setiap paket tentunya berbeda satu sama lainnya. Tergantung kebutuhan SPAM IKK bersangkutan. Seperti SPAM IKK Paria yang mendapatkan satu paket. Berupa satu titik sumur bor (6 inch x 60 m) untuk sumber air baku. Beberapa tiang listrik beserta kabel jaringan tegangan rendah ( jtr). Dan instalasi listrik untuk menyalakan pompa air (submer sible) serta 23 sambungan rumah (SR) yang baru.

Diharapkan dengan adanya program DAK akses air minum ini. Semua penduduk mendapat akses menikmati air bersih dan layak untuk minum. (FAR)

Loading...

Baca Juga