oleh

PSBB (Pakai Sosmed Baik-Baik) Disaat Pandemi Covid-19. Opini Muliadi

700 Covid FB

PSBB (Pakai Sosmed Baik-Baik) Disaat Pandemi Covid-19. Oleh: Muliadi, Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, Kader HMI Cabang Kendari.

Virus menakutkan dan mematikan yang berasal dari kota Wuhan (China) telah menjadi momok menakutkan hampir diseluruh penjuru dunia. Tak terkecuali di tanah ibu pertiwi Indonesia. Yang dimana hingga hari ini (Jumat, 15 Mei 2020) telah menjangkit belasan ribu penduduk tanah air.

Hal ini tentunya menjadi masalah besar yang harus ditanggung pemerintah dan juga tentunya masyarakat yang masih mempunyai jiwa nasionalisme untuk sama-sama berjibaku untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 (corona virus disease 2019) dari tanah ibu pertiwi. Yang salah satunya dengan meng-indah-kan maklumat dari pemerintah. Dimana kita dihimbau untuk lebih banyak menghabiskan waktu dengan berada dirumah saja.

Pandemi covid-19 telah membuat hampir segala aktivitas manusia menjadi lebih terbatas “bagi yang meng-indah-kan himbauan pemerintah”. Tetapi tentunya jika kita bisa lebih bijak dalam menanggapi sesuatu ha. Sudah pasti akan ada celah dan peluang yang dapat kita ambil dan manfaatkan salah satunya ditengah pandemi covid-19 kali ini.

Dengan adanya covid-19 sekarang ini kita ketahui, virus ini telah melumpuhkan banyak sekali aktivitas. Salah satunya aktivitas akademik mulai dari TK, SD, SMP, SMA dan bahkan hingga ke tingkat Perguruan tinggi ikut serta dalam merasakan dampak begitu beringasnya virus asal Wuhan itu. Hingga memaksa untuk lebih banyak melakukan aktivitas dari rumah  Mulai dari belajar dari rumah hingga beribadahpun sebaiknya di rumah saja. Seperti yang di fatwakan oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia) pada beberapa waktu lalu.

Di tengah keterbatasan aktivitas disaat seperti sekarang yang dimana kita lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah tentunya akan menimbulkan yang namanya rasa bosan. Nah jika kita berbicara rasa bosan, hal ini akan menjadi salah satu faktor untuk kita mencari-cari suatu benda yang begitu sangat digandrungi. Mulai dari usia kanak-kanak hingga para lansiapun tak jarang kita temukan masih menggunakan benda yang diciptakan oleh ilmuwan asal Amerika Serikat Martin Cooper. Yah benda itu bernama HandPhone (HP).

700 Covid FB

Membahas perihal HP terlebih jika yang kita gunakan adalah HP yang dibekali dengan kecanggihan android + ditemani dengan paket data internet. Ini tentunya akan menjadi angin segar penyejuk serta penghilang bagi belenggu yang namanya rasa bosan itu. Bagaimana tidak, dengan berbekal HP android + ditemani dengan paket internet kita dapat mengakses medsos (media sosial) seperti youtube, google, dll. Untuk mencari apa saja yang kita inginkan.

Terlebih jika kita memanfaatkannya dengan bijak untuk hal-hal positif. Seperti dengan mencari ilmu untuk dapat memperluas wawasan khazanah keilmuan kita. Bukankah salah satu adagium yang cukup popular. Yaitu “jika kau ingin dikenal dunia maka menulislah. Dan jika kau ingin mengenal dunia maka membacalah”.

Dengan keterbatasan aktivitas ditengah pandemi seperti ini, kita bisa memanfaatkannya. Salah satunya dengan cara menulis serta membaca. Kita harus cerdik dalam memanfaatkan situasi yang juga bisa dengan cara memanfaatkan android kita untuk memperdalam keilmuan kita. Dengan membaca buku-buku online/pdf yang bisa kita download dengan android kita.Dengan memanfaatkan kecanggihan android, kita bisa belajar filsafat, sejarah, politik, hukum, dan masih banyak lagi sesuai selera masing-masing .

Dengan himbauan pemerintah untuk lebih banyak beraktivitas dari rumah seperti ini. Penulis mengharapkan agar kita semua bisa lebih memanfaatkan android dan sosial media kita dengan hal-hal yang positif, bijaksana dan berguna untuk masyarakat luas.

Penulis ingin sedikit mengutip perkataan dari Imam Syafi’i. Yang mengatakan, “jika kau tak tahan lelahnya belajar maka kau harus rela menangguung perihnya kebodohan”. Untuk itu sebaiknya gunakan android kita untuk hal-hal yang lebih berfaedah/berdayaguna. Salah satunya dengan banyak memanfaatkan sosial media sebagai ladang belajar kita untuk dapat memrperdalam keilmuan dan memperbanyak pengetahuan kita.

Loading...

Baca Juga