oleh

Rencana Pabrik Padi di Dadahup Direspons Positif Kementerian

FOKUSBERITA.ID – Usulan Dinas Transmigrasi (Distrans) Kabupaten Kapuas Provinsi Kalteng membangun pabrik penggilingan padi di wilayah Transmigrasi Kecamatan Dadahup, telah mendapat respon positif dari pihak kementerian.

Rencana ini direalisasikan pada tahun 2020, dan tahun 2019 sudah ada 200 hektare lahan pertanian padi yang dikelola. Tetapi lahan ini belum mencukupi untuk produksi padi.

“Tahun 2020, rogram kami akan membangun pabrik penggilingan padi,” ujar Plt Kadistrans Kabupaten Kapuas, Deni Harsono saat dibincangi wartawan di ruang kerjanya, Kamis (5/9/2019).

Sebab, tambahnya, hasil pertanian padi di kawasan transmigrasi Kecamatan Dadahup Kabupaten Kapuas itu memiliki potensi sangat besar. Namun, saat ini kendalanya belum memiliki sarana seperti pabrik penggilingan padi.

Menurut dia, mesin penggilingan padi yang bakal didirikan itu memiliki kemampuan 2.000 hektar. Sehingga, kalau 200 hektar lahan masih kurang untuk diproduksi.

“Karena kalau tanggung, biaya produksi menjadi tinggi,” kata Mantan Camat Kapuas Barat yang selalu ramah ini.

Ia menjelaskan, bukti keseriusan pemerintah pusat mendukung mendirikan penggilingan padi tersebut, bahwa belum lama ini sudah ada peninjauan.

“Direspons positif, lagi pula infrastruktur untuk sarana prasarana juga sudah tersedia,” katanya. (ROB)

Loading...

Baca Juga