oleh

Satpol PP dan Damkar Kapuas Minta Warga Tak Buang Sampah Sembarangan

FOKUSBERITA.ID – Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Kapuas (Satpol PP dan Damkar Kapuas) akan mengenakan sanksi terhadap masyarakat yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Sikap tegas ini digencarkan berdasarkan Perda Nomor 5 Tahun 2011 tentang Ketertiban Umum Kebersihan dan Pertamanan.

Hal ini disampaikan Kepala Satpol PP dan Damkar Kapuas, Syahrifin. Pihaknya akan terus memantau dan mengawasi gerak-gerik masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Bagi masyarakat yang melanggar Perda tersebut dapat dikenakan sanksi berupa kurungan penjara

“Kami akan mengawasi titik-titik yang kerap jadi tempat bukan peruntukan pembuangan sampah,” kata Syahrifin, kepada awak media, Jumat (7/2/2020).

Menurutnya, perilaku masyarakat yang membuang sampah tidak pada tempatnya tidak bisa ditoleransi. Karena dapat membuat lingkungan menjadi kumuh. Perilaku ini juga dapat menyebabkan buntunya saluran air serta akan mengakibatkan banjir terutama pada saat musim penghujan seperti sekarang.

Lebih lanjut, Syahrifin menghimbau agar masyarakat membuang sampah pada tempat yang telah ditentukan. Pihaknya akan bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas PUPR Kabupaten dalam menertibkan masalah ini.

Sementara itu, Kabid Kerantibum dan Tranmas Satpol PP dan Damkar Kapuas Ahmad Rinzani selaku petugas penegak perda Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran menghimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Pihaknya juga menghimbau agar masyarakat terbiasa untuk disiplin dan memiliki kesadaran untuk hidup sehat dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Karena melanggar Perda Nomor 5 Tahun 2011 Tentang Ketertiban, Kebersihan dan Pertamanan,” ujarnya.  (ROB)

Loading...

Baca Juga