oleh

Stop Politisasi Agama, Politik Berdasarkan Agama Itu Betul

700 Covid FB

FOKUSBERITA – Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis (DEMA FEB) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Jakarta), menyelenggarakan kegiatan dialog dan seminar kebangsaan, membahas masalah politisasi agama.

Seminar ini mengangkat tema “Ukhuwah Islamiyah Dalam Bingkai Kebangsaan”. Diselenggarakan di ruang teater lantai V Fakultas Ekonomi Bisnis, Ciputat, Tangerang Selatan, Jum’at (30/11/2018). Hadir sebagai  narasumber,  Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dr Jaja Nurjanah, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tangerang Selatan Endang Mintarja.

“Kegiatan ini sangat positif ketika diselenggarakan dengan tema diskusi dan dialog kebangsaan. Pertama, selaku civitas akademika cukup relevan ketika mengupas secara tuntas persoalan-persoalan bangsa saat ini dalam forum intelektual. Kedua, memang persoalan ukhuwah islamiyyah dikalangan umat Islam lagi ada guncangan kecil. Yang kemudian menimbulkan hambatan-hambatan bagi pembangunan bangsa dari segala sektor,” tutur Jaja Nurjanah.

Jaja berharap dengan adanya dialog kebangsaan bisa memberikan aura positif minimal bagi kondisi bangsa saat ini. Ia juga berharap, diskusi ini memberikan dampak positif bagi para pemuda dan mahasiswa selaku generasi penerus bangsa. Dengan diskusi ini, generasi muda bisa memahami politisasi agama yang marak terjadi saat ini.

700 Covid FB

Endang Mintarja selaku PD Muhammadiyah Tangerang Selatan optimis diskusi ini akan mengarah pada persatuan dan kebhinekaan. Ia berharap tidak ada satu upaya dari pihak manapun untuk melakukan politisasi agama yang nantinya menimbulkan perpecahan bangsa.

“Stop politisasi agama. Berpolitik berdasarkan agama, yes. Tapi agama sebagai alat politik jangan, karena itulah yang menimbulkan perpecahan dalam Ukhuwah,” tegasnya Endang Mintarja.

Senada dengan Endang Mintarja, Khaidar Ibrahim selaku ketua pelaksana berharap diskusi dan seminar ini memberikan dampak positif. Secara khusus bagi seluruh elemen civitas akademika UIN Jakarta dan masyarakat pada umumnya. (NVD)

Loading...

Baca Juga