oleh

Pemuda Ciptakan Tagar Kaltengbaru, Usung Ben Brahim Jadi Gubernur

FOKUSBERITA.ID –  Sekelompok pemuda Kalimantan Tengah menamakan dirinya gerakan tagar Kaltengbaru mendukung Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat (BBSB) maju dalam pilkada tahun 2020. Gerakan #Kaltengbaru ini meyakini BBSB dengan sebutan Ben Bangun Kalteng (BBK) bisa membawa angin perubahan di Bumi Tambun Bungai.

“Siapa yang diusung dalam gerakan  tagar Kaltengbaru? Jawabannya adalah BBK (Ben Bangun Kalteng-red). Nama lengkapnya adalah Ben Brahim S Bahat,” kata Iwan Obo yang menjadi inisiator gerakan #KaltengBaru yang menggelar deklrasi di Palangka Raya, Senin (2/12/2019).

Iwan menyebutkan, kenapa Gerakan #Kaltengbaru mengusung dan mendorong Ben Brahim sebagai calon pemimpin masa depan provinsi kalteng? Karena Ben Brahim adalah Birokrat yang terlibat membangun Kalteng.

“Kita butuh kecerdasan, kepintarannya kembali dalam memimpin Kalteng. Beliau adalah Birokrat Murni yang bahkan meraih prestasi sebagai PNS terbaik Nasional. Saat ini beliau sudah 2 kali dipercaya masyarakat Kabupaten Kapuas untuk menjadi pemimpin di sana,” katanya.

Menurut Iwan, saat ini Kalteng tidak hanya butuh seorang Gubernur, tetapi juga seorang pemimpin. Pemimpin yang membawa perubahan, pemimpin yang membawa kemajuan, membawa kesejahteraan, bisa mengayomi, dan pemimpin untuk semua golongan.

“Kalteng butuh pemimpin dan jawabannya ada pada Ben Brahim S Bahat, untuk lebih tau tentang beliau, ikuti terus di akun facebook dan Instagram @bangunkalteng,” katanya.

Sementara itu pemateri dalam diskusi KaltengBaru Rusdi, mengaku bahwa turut hadir dalam deklarasi Gerakan #KaltengBaru. Dirinya menyebutkan, gerakan ini adalah upaya untuk memberikan warna tersendiri pada proses demokrasi dalam rangka Pilkada Gubernur dan  Wakil Gubernur Kalteng pada Tahun 2020.

“Ini diinisiasi oleh kawan saya sendiri, yaitu Iwan Obo. Saya hadir dan diminta untuk memberikan pandangan, soal apa dan bagaimana Pemimpin Kalteng ke depan. Hal ini dalam kapasitas dirinya sebagai anak muda yang aktif berpolitik. Saya pun sampaikan, bahwa Kalimantan Tengah dibanding dengan provinsi tetangga yang lain cukup tertinggal jauh,” jelasnya.

Maka untuk mengejar ketertinggalan-ketertinggalan tersebut, lanjutnya, pemimpin Kalteng masa depan harus kreatif dan Ilinovatif serta melakukan lompatan yang luar biasa. Siapapun orangnya, setidaknya memperhatikan isu – isu strategis yang ada di tengah-tengah masyarakat.

610X200 AHY
Pemuda Ciptakan Tagar Kaltengbaru, Usung Ben Brahim Jadi Gubernur
upati Kapuas Ben Brahim S Bahat (BBSB)

Menurut Rusdi, banyak sekali isu yang muncul di masyarakat, dari sekian banyak itu dirinya tertarik akan 4 Isu di antaranya, reformasi birokrasi, persoalan ekonomi (Investasi), pembangunan Sumber Daya Manusia, serta penguatan dan pengembangan ekonomi kreatif dan UMKM. Sehingga pemimpin Kalteng ke depan siapapun orangnya wajib memperhatikan ke 4 Isu tersebut.

Juga ditambahkannya, soal Reformasi Birokrasi, pemimpin juga harus berani melakukan teroboson dalam hal birokrasi ini. Sehingga fungsi Pemerintah Daerah sebagai Pelayan masyarakat dapat betul-betul dirasakan.

“Harus di manajemen secara Profesional. Kita sebagai masyarakat tidak ada mau lagi melihat ada “bawahan” yang tidak terima dan menempuh jalur hukum atas keputusan pimpinan, menang pula gugatannya. Ini berarti ada yang salah dalam pertimbangan  pengambilan keputusan,” ungkapnya.

Ia juga menyatakan, jangan habiskan energi untuk mengurus hal-hal seperti itu, hal seperti itu sebenarnya dapat di minimalisir dengan koordinasi yang baik ketika mau mengambil keputusan. Kemudian soal ekonomi, menurut dia, pemimpin ke depan harus kreatif mengemas Kalimantan Tengah agar menarik bagi para investor.  Karena potensi masih banyak yang belum di kembangkan.

Selanjutnya Soal SDM, pemerintah harus menyiapkan SDM yang tangguh untuk menghadapi persaingan global. Saingan bukan hanya datang dari dalam negeri tapi juga luar negeri, jika SDM tidak siap maka akan menjadi penonton di daerah sendiri.

Terakhir soal ekonomi kreatif dan UMKM, sektor ini penting menurutnya digarap dengan sangat serius oleh Pemimpin Kalteng ke depan. Karena masing-masing daerah di Kalteng ini punya keunggulan. Sehingga butuh campur tangan Pemerintah untuk UMKM-UMKM ini bisa tampil dan menjadi Produk unggulan Nasional.

“Nah, lalu siapa Tokoh yang bisa menangkap dan memberikan solusi terhadap isu-isu yang ada di masyarakat. Kawan-kawan Gerakan tagar KaltengBaru tadi malam menganggap bahwa Bapak Ir. Ben Brahim S. Bahat adalah sosok yg tepat untuk memperjuangkan aspirasi mereka. Itu sah-sah saja, namun banyak juga tokoh lain yg juga bisa dipertimbangkan yg sekarang sudah muncul namanya di tengah-tengah masyarakat yang sudah teruji kapasitas dan kapabilitasnya,” tutupnya. (ROB)

Loading...

Baca Juga