oleh

Tim Satgas Covid-19 Kapuas Kembali Inspeksi dan Disinfeksi ABK

FOKUSBERITA.ID – Tim Satgas Covid-19 Kapuas melakukan inspeksi dan disinfeksi terhadap tugboat asal Gresik, Jawa Timur di Dermaga Danau Mare Kuala Kapuas, Rabu, (1/4/2020) siang. Kapal tugboat ini membawa 10 orang termasuk Anak Buah Kapal (ABK) maupun ABK Tongkang.

Inspeksi dan disinfeksi ini dilakukan Tim Satgas Covid-19 Kapuas bersama tim kesehatan dan Satuan Polisi Air (Polair). Upaya ini dilakukan sebagai pencegahan penyebaran virus Covid-19. Salah satunya dengan mengawasi keluar masuknya orang luar daerah memasuki wilayah Kabupaten Kapuas termasuk melewati jalur perairan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas Vitrianson yang diwakili oleh Kepala Pos Laut, Sungai dan Penyeberangan Danau Mare, Mashuri mengatakan bahwa kapal tugboat ini ingin memasuki Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas dengan tujuan ke Sungai Puting untuk menarik tongkang CPO (crude palm oil).

“Mereka kita lakukan inspeksi dan disinfeksi sesuai SOP yang ada. Yaitu pengecekan suhu tubuh, penyemprotan disinfektan baik itu untuk ABK berjumlah 10 orang maupun alat-alat kapal,” ucapnya.

Lebih lanjut, Mashuri menjelaskan kegiatan inspeksi seperti ini rutin dilakukan terhadap kapal-kapal. Untuksaat ini, dilakukan juga penyemprotan disinfektan. Hal ini sekaligus dalam rangka pencegahan covid-19 bersama dengan Satgas Covid-19 Kabupaten Kabupaten Kapuas.

Hal senada juga disampaikan oleh Hendry dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Wilayah Palangka Raya Wilayah Kerja Kabupaten Kapuas yang menjelaskan mengenai SOP yang dijalankan yaitu ABK disemprot dengan disinfektan sebelum turun ke dermaga dan kemudian dilakukan pengecekan suhu tubuh. Sementara itu, dari Polair naik kekapal untuk melakukan disinfeksi alat-alat kapal.

“Diharapkan dengan melakukan ini mereka tidak menularkan virus terhadap penduduk kita,” kata Hendry.

Kemudian, salah seorang petugas Tim Kesehatan dari PSC 119 Kapuas yang melakukan pengecekan suhu tubuh, Ismail Marzuki mengatakan hasil pengecekan diketahui 10 ABK dikatakan normal dengan suhu tubuh dibawah dari 37 derajat. (ROB)

Loading...

Baca Juga