oleh

Yayasan Pendidikan Al Quran Diresmikan

FOKUSBERITA.ID – Mengingat pentingnya pendidikan Al Quran untuk anak-anak sejak usia dini, Pemerintah Kabupaten Kapuas sangat mengapresiasi terhadap dunia pendidikan Al Quran yang ada di Kabupaten Kapuas. Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi Wakil Bupati Kapuas H M Nafiah Ibnor bahkan secara langsung meresmikan Yayasan Pendidikan Al Huda yang berpusat di  Kota Kuala Kapuas yang juga memiliki lokasi cabang di Kecamatan Dadahup, Minggu (10/11/2019) siang di Moshollah Darul Istiqomah jalan Mahakam Kota Kuala Kapuas.

Dalam sambutannya Bupati Kapuas menyampaikan bahwa ia sangat mencintai masyarakat Kabupaten Kapuas, dan mengucapkan rasa terima kasih serta bangga kepada yayasan yang telah memperhatikan dan memikirkan bagaimana mendidik anak-anak agar kedepan  anak-anak ini siap menjadi generasi penerus bangsa karena dipundak merekalah masa depan negara ini. Rasa bahagia juga ia ungkapkan dalam kesempatan itu karena menurutnya dengan adanya Yayasan Pendidikan Al Quran merupakan terobosan yang baik. “Saya tentu merasa bahagia dan  bangga atas terobosan-terobosan seperti ini yang diharapkan dapat diikuti,” ucapnya.

Untuk anak-anak, orang nomor satu di Kabupaten Kapuas itu juga secara langsung memeberikan semangat agar saat umur 10 tahun bisa tamat baca tulis Al Quran.

Disampaikan laporan oleh Ketua Umum Yayasan Pendidikan Al Quran Al Huda yang juga merupakan Ketua Umum LPTQ Kabupaten Kapuas, KH Muchtar Ruslan bahwa acara peresmian yang juga rangkai dengan syukuran tersebut karena pendidikan Al Quran yang ada disana sudah lama bahkan sudah banyak yang Khattam Al Quran, tetapi kali ini sejalan dengan yang dicanangkan oleh Dinas pendidikan Kabupaten Kapuas terkait dunia pendidikan Al Quran di Kabupaten Kapuas maka terbentuk Yayasan Pendidikan Al Quran Al Huda dengan harapan dunia pendidikan agama terutama Al Quran semakin meningkat di Kabupaten Kapuas serta membuat generasi Qurani, karena menurutnya kepengurusan LPTQ bisa berganti tapi kegiatan MTQ dan Al Quran tidak boleh berganti.

Lebih lanjut ia juga menerangkan bahwa pendidikan Al Quran yang ada di Kabupaten Kapuas tentu tidak lepas dari Bupati dan Wakil Bupati Kapuas yang selalu mendukung dan memberikan apresiasi serta memiliki rasa cinta akan Al Quran, begitu juga dengan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Kapuas, oleh karena itu ia mengucapkan terima kasih.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas H. Suwarno Muriyat menerangkan bahwa sebagai wujud dari upaya yang dicanangan Bupati Kapuas saat pemecahan rekor muri tahfiz Al Quran juz 30 terkait tuntas baca tulis Al Quran di Kabupaten Kapuas, oleh karena itu ia mengucapkan terima kasih atas upaya peningkatan baca tulis Al Quran di Kabupaten Kapuas serta kerjasama antara Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas untuk mempercepat tuntas baca tulis Al Quran di Kabupaten Kapuas baik di Sekolah maupun di Madrasah, yang mana kedepan ia juga membeberkan bahwa dalam Program Kapuas Cerdas anak-anak kelas VI, IX dan XII akan diuji kemampuan baca tulias Al Quran oleh LPTQ Kabupaten Kapuas.

Pada Yayasan Pendidikan Al Quran Al Huda Kuala Kapuas sendiri menyelenggarakan Taman Kanak-kanak Al Quran, Taman Pendidikan Al Quran dan Taman Seni Baca Al Quran. Diakhir kegiatan peresmian dan syukuran tersebut dilakukan pembacaan sholawat dan doa oleh Ketua MUI Kabupaten Kapuas. (ROB)

Loading...

Baca Juga