oleh

Kabupaten Kapuas Gelar Simulasi Pengamanan TPS Serentak

FOKUSBERITA.ID – Plt Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor menghadiri kegiatan Simulasi Pengamanan TPS (Tempat Pemungutan Suara) secara serantak. Kegiatan ini dalam rangka mendukung kelancaran dan keamanan pelaksanaan Pemilu Tahun 2020 dengan berbagai macam skenario didalamnya guna mengetahui proses dan teknis pemungutan suara, maupun kendala yang muncul terkait keamanan di lokasi TPS.

Simulasi pengamanan TPS ini dilaksanakan di Lapangan Upacara Polres Kapuas, Kamis (12/11/2020) pagi. Tampak hadir Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti, Ketua Pengadilan Agama Kapuas Muhamad Isna Wahyudi, Ketua KPU Jamilah Maisura, Ketua Bawaslu Iswahudi Wibowo dan tamu undangan lainnya.

Kapolres Kapuas menjelaskan, pada tahun ini, penyelenggaraan Pemilu agak berbeda dari tahun sebelumnya. Sebab dengan adanya pandemi Covid-19, pelaksanaan tahapan Pemilu harus berdasarkan protokol kesehatan. Salah satunya adalah penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) untuk setiap petugas TPS.

Dalam kegiatan tersebut, Plt Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor bersama para undangan menyaksikan langsung beberapa skenario yang dilaksanakan dalam simulasi pengamanan ini. Diantaranya skenario saat pemilih datang tanpa menggunakan masker dan adanya pemilih yang membuat keributan.

AKBP Manang Soebeti menjelaskan dalam pengamanan tahapan Pemilu kedepan, sebanyak 600 personil telah disiapkan dimasing-masing TPS yang tersebar di wilayah Kabupaten Kapuas.

“Jadi personil kami dari Polres Kapuas akan melekat terus. Mulai dari Gudang Logistik Kabupaten sampai ke Kecamatan dan nantinya akan di kawal personil dari Polres Kapuas. Dengan dibantu juga dari pihak Kecamatan dan anggota lainnya yang juga ikut terlibat,” ucap Kapolres Kapuas.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk  bersama-sama dalam menjaga agar Pilkada di Kalteng, khususnya di Kabupaten Kapuas. Agar Pilkada dapat berjalan dnegan lancar, aman dan tertib tanpa adanya gangguan apapun. (ROB)

Loading...

Baca Juga