oleh

Amran Mahmud Terpilih Jadi Ketua PMI Wajo Periode 2019-2024

FOKUSBERITA.ID – Musyawarah Kabupaten Ke VII Palang Merah Indonesia Kabupaten Wajo mengukuhkan H Amran Mahmud sebagai Ketua PMI Wajo periode 2019-2024. Musyawarah kabupaten ini dilakukan setiap 5 tahun sekali. Tujuannya untuk menilai kinerja dan pertanggungjawaban pengurus lama sekaligus menyusun program untuk 5 tahun kedepan.

Musyawarah Kabupaten Ke VII PMI Wajo dilaksanakan di Ruang Aula Gedung PKK Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan Kamis (20/6/ 2019). Acara diikuti oleh pengurus PMI Sulsel, pengurus tingkat kabupaten Wajo, PMI kecamatan, para Camat dan Stakeholder terkait.

Diawali dengan pembacaan prinsip dasar dari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah diantaranya Kemanusiaan, Kesamaan, Kenetralan, Kemandirian, Kesukarelaan, Kesatuan dan Kesemestaan. Dilanjutkan dengan laporan Ketua panitia yang mengatakan bahwa pelaksanaan Musyawarah Kabupaten ini karena berakhirnya kepengurusan yang lama dan akan dipilih Ketua PMI Wajo dan kepengurusan yang baru.

Dalam sambutan berikutnya yang mewakili Ketua PMI Wajo, H. Dai Basri mengatakan mundurnya waktu musyawarah ini karena proses pemilu beberapa waktu yang lalu. H.Dai Basri juga menyampaikan beberapa keberhasilan dari kepengurusan PMI Wajo periode 2014 – 2019.

“Keikut sertaan PMI Kabupaten Wajo dalam pertolongan tenggelamnya KM. Marina 2 yang mendapatkan penghargaan dari Basarnas. Juga ketika terjadi tsunami di Palu Donggala. Dimana dua orang sukarelawan mendapat penghargaan dari PMI Sulsel dalam hal spesialiasi sanitasi dan Spesealisasi P3K. Dan masih banyak lainnya,” jelas H. Dai Basri.

Sementara itu Sekretaris PMI Sulsel H. Lutfi Kadir menyampaikan bahwa fungsi musyawarah ini sebagai tugas rutinitas 5 tahunan untuk menilai pertanggung jawaban pengurus lama. Selain itu, menyusun program 5 tahun kedepan hingga sebagai wadah untuk memilih Ketua serta pengurus yang baru.

“Indonesia termasuk anggota ke 63 di dunia dalam Palang Merah Dunia. Dan tugas pokok dari PMI adalah untuk membantu pemerintahnya dibidang kemanusiaan bersama instansi lain yang ditetapkan oleh undang-undang. Diantaranya BPBD, Dinas Sosial, Kesehatan dan Dinas Pendidikan,” ungkapnya.

Dalam sambutan Bupati Wajo yang disampaikan oleh H. Amiruddin A, S.Sos., MM Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo menyampaikan bahwa Palang Merah Indonesia sebagai organisasi yang bergerak di bidang pelayanan kemanusiaan dan merupakan mitra Pemerintah dalam menghadirkan nilai nilai kemanusiaan di tengah masyarakat dan akan selalu tampil di garda terdepan dalam pelayanan kemanusiaan baik dalam penanggulangan bencana, pelayanan transfusi darah dan lain sebagainya.

Sekda melanjutkan bahwa mewakili Pemerintah Kabupaten Wajo menyampaikan dukungan atas kegiatan kegiatan kemanusiaan yang dilakukan oleh Palang Merah Indonesia Kabupaten Wajo.

“Apresiasi dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada segenap pengurus dan staf Palang Merah Indonesia Kabupaten Wajo yang telah melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan baik dan juga kepada sukarelawan PMI Kabupaten Wajo,” ungkap H. Amiruddin A SSos MM.

Dan dilanjutkan dengan acara pemberian penghargaan kepada mereka yang berprestasi dimana penyerahan penghargaan ini diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo. (FAR)

Loading...

Baca Juga