oleh

Bupati Kapuas Sebut Presiden dan Menteri Tertarik Inovasi SPA

FOKUSBERITA.ID – Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT menyampaikan inovasi Sistem Penyediaan Air (SPA) kepada Presiden RI Joko Widodo dan menteri. Inovasi tersebut disampaikan disela peninjauan lahan Food Estate di Desa Bentuk Jaya Kecamatan Dadahup Kabupaten Kapuas Kalteng.

“Intinya inovasi SPA ini penanggulangan Karhutla karena kita memiliki lahan gambut yang rentan Karhutla,” kata Ben Brahim kepada wartawan usai makan siang bersama presiden dan menteri di RM Buli Lewu Jalan Jepang Kuala Kapuas, Kamis (9/7/2020).

Didampingi anggota DPR RI dapil Kalteng Ary Egahni, Bupati Kapuas mengatakan SPA sangat berguna dan multi fungsi. Tidak hanya untuk kepentingan penanggulangan Karhutla melainkan juga pengairan lahan pertanian kolam ikan serta rekreasi.

“Presiden dan menteri apresiasi dan tertarik adanya SPA ini untuk penanggulangan Karhutla,” jelasnya.

Bupati Kapuas Sebut Presiden dan Menteri Tertarik Inovasi SPA

Lebih jauh dikatakan, SPA berfungsi memadamkan Karhutla di lahan gambut yang tidak dapat dijangkau atau dipadamkan mobil pemadam.

“Bahkan water bombing pun tidak efektif. Namun begitu dengan SPA ini justru paling efektif dan efisien dalam penyediaan air penanggulangan Karhutla itu,” kata Bupati dua periode ini. (ROB)

Loading...

Baca Juga