oleh

Dinkes Kapuas Cetak Tim Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Semua Puskesmas

FOKUSBERITA.ID – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas menggelar workshop Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI). Workshop yang digelar selama 3 hari (26-28 November 2020) ini mencetak tim PPI disetiap puskesmas yang ada di Kabupaten Kapuas.

Acara dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kapuas Drs. Noor Rahman di Hotel Raudah Kuala Kapuas. Peserta sendiri terdiri dari 26 Puskesmas se Kabupaten Kapuas dengan masing-masing puskesmas menugaskan 2 orang peserta, terdiri dari dokter dan perawat.

“Yang nantinya akan menjadi tim PPI (Pencegahan dan Pengendalian Infeksi-red) di puskesmasnya,” kata Noor Rahman.

Ia menyebut, kegiatan ini bertujuan agar petugas puskesmas memahami konsep dasar penyakit infeksi.

“Oleh karena itu, maka perlu dilakukan sosialisasi pencegahan dan pengendalian infeksi di fasilitas pelayanan kesehatan. Agar terwujudnya pelayanan kesehatan yang bermutu,” imbuhnya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kapuas ini melanjutkan, Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) merupakan upaya untuk memastikan perlindungan kepada setiap orang terhadap kemungkinan tertular infeksi. Baik dari sumber masyarakat umum dan disaat menerima pelayanan kesehatan pada berbagai fasilitas kesehatan.

“Dengan adanya kegiatan workshop PPI ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan petugas puskesmas yang ada di Kabupaten Kapuas tentang pencegahan dan pengendalian infeksi. Sehingga dapat melindungi petugas dan masyarakat dari penularan penyakit infeksi,” ujarnya.

Hadir dalam acara ini Kepala Bidang Yankes Pandit,S.K.M.,M.M, beserta jajarannya. Penyelenggara kegiatan ini adalah Bidang Pelayanan Kesehatan Seksi Mutu Akreditasi Fanyankes dan Pembiayaan. Bertindak sebagai narasumber Surveior FKTP Klinik dari Provinsi Kalimantan Tengah dr. Agustina Ponasti dewi dan Syawalludin,AMK,S.K.M dari Provinsi Kepulauan Riau. (OSY)

Loading...

Baca Juga