oleh

Jelang New Normal, Satpol PP dan Damkar Kapuas Tertibkan Pasar

FOKUSBERITA.ID – Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Kapuas (Satpol PP dan Damkar Kapuas) terus mensosialisasikan aturan protokol kesehatan saat melakukan transaksi perdagangan di pasar. Langkah ini dilakukan sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona dalam menghadapi tatanan new normal.

Kepala Satpol PP dan Damkar Kapuas Syahripin, S.Sos mengatakan dalam masa perpanjangan PSBB pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada para pedagang dan pengunjung pasar untuk melaksanakan protokol kesehatan.

“Kami himbau kembali penjual dan pengunjung pasar agar selalu mengunakan masker, jaga jarak dan menerapkan pola hidup sehat. Karena pasar merupakan tempat keramaian yang sangat beresiko akan penyebaran Covid-19. Sserta pasar menjadi skala prioritas pantauan kami selain sarana prasarana umum lainnya,” ucap Syahripin, Senin (22/06/2020)

Ia menjelaskan, dalam setiap patroli, pihaknya menghimbau dengan mengedepankan komunikasi secara persuasif kepada para pedagang dan pembeli untuk menanamkan kesadaran mematuhi protokol kesehatan. Terutama di masa perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Ia mengaku telah memantau beberapa pasar untuk melihat penerapan protokol kesehatan. Diantaranya pembatasan letak jarak antar pedagang, kepatuhan pedagang dan pembeli dalam menggunakan masker serta sarana pendukung lainnya. Seperti dengan ketersedian tempat mencuci tangan dan air beserta sabunnya.

Menurutnya, saat ini, masyarakat sudah mengunakan masker dan di pasar induk Kuala Kapuas. Beberapa toko, pedagang sudah menyediakan pencucian tangan, dan untuk pasar lainya. Ia pun meminta pengelola untuk dapat menyediakan sarana prasarana cuci tangan.

“Kami akan berkoordinasi dengan Dinas terkait dan pengelola pasar dalam melakukan upaya penataan pasar. Terkait apa saja yang nantinya harus dilakukan dalam menghadapi masa transisi ketatanan new normal setelah PSBB tahap ke dua ini,” pungkas Syahripin. (ROB)

Loading...

Baca Juga