oleh

Pemkab Wajo Apresiasi Program Ternak Ayam Untuk Masyarakat Miskin

FOKUSBERITA – Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan mengalokasikan bantuan untuk masyarakat miskin pertanian di Sulawesi Selatan. Ada empat Kabupaten yang tahun ini mendapatkan bantuan ternak ayam kampung salah satunya adalah Kabupaten Wajo.

Balai Besar Veteriner Maros sebagai pelaksana kegiatan melakukan verifikasi Rumah Tangga Miskin (RTM) di Kabupaten Wajo. Mereka mendata jumlah pasti calon penerima yang layak menerima bantuan ini. Bantuan ini diharapkan dapat mengatasi kemiskinan di Kabupaten Wajo melalui usaha peternakan ayam

Sebelum melakukan verifikasi, tim ini mengadakan sosialisasi data RTM di ruang sekertaris daerah Wajo, Selasa (23/4/2019). Mereka diterima oleh Sekda Wajo H. Amiruddin SSos Msi, Kepala Dinas Pertanian Wajo, Ir. Azhar dan Kepala Bidang Peternakan Kabupaten Wajo, Dr. Boneng.

Sekda Wajo H. Amiruddin menyambut baik program kerja yang diluncurkan kementerian Pertanian ini. Ia berharap program ini dapat berjalan dengan lancar.

“Kami Pemerintah Kabupaten Wajo menyambut baik program kerja bedah kemiskinan rakyat sejahtera ini. Dan saya berharap nantinya ada bimbingan pengelolaan yang baik bagi rumah tangga miskin. “jelas H. Amiruddin.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian Wajo Ir. Azhar yang siap mengawal dan menindaklanjuti program ini bersama dengan jajarannya.

“174.750 ekor ayam kampung super merupakan alokasi dana yang besar yang harus dikawal dengan baik,” tegas Kadis Pertanian Wajo.

Sementara itu, Dr. Yuliana Fatie, dari Balai Besar Veteriner Maros pada kesempatan ini menuturkan jumlah Rumah Tangga Miskin Pertanian (RTMP) yang menjadi target calon penerima bantuan ternak ayam.

Menurutnya, di 28 desa di Kabupaten Wajo terdapat 3.493 Rumah Tangga Miskin yang terdata sementara. Desa – desa ini berasal dari 4 Kecamatan yaitu Kecamatan Maniangpajo, Keera, Gilireng dan Kecamatan Sajoanging.
Dr. Yuliana juga berharap data RTMP ini jumlahnya dapat mengalami pengurangan angka setelah proses verifikasi di tiap desa nantinya.

“Mulai besok (24/4/2019), kami akan turun langsung mengadakan verifikasi jumlah RTMP di tiap desa. Kami berharap jumlah masyarakat miskin yang terdata nantinya mengalami penurunan angka. Karena data RTMP yang kami terima dari Kemensos tersebut masih update tahun 2017,” tegas Dr. Yuliana

Dokter hewan dari Balai Besar Veteriner Maros ini juga menyebutkan jumlah bantuan yang akan diterima oleh tiap keluarga RTMP.

“Setiap keluarga akan mendapatkan 50 ekor bibit ayam kampung super, 150kg pakan dan satu paket obat-obatan. Dan tiap RTMP ini akan mendapatkan juga bantuan pengadaan kandang ayam sebesar 500rb rupiah,” jelas Dr,Yuliana.

Pada kesempatan lain, Kepala bidang peternakan Wajo, Dr.Boneng pada fokusberita.id, memastikan anggotanya sebagai penyuluh lapangan di desa untuk bekerja maksimal membimbing dan melayani masyarakat miskin RTMP. Dalam mengelola bantuan kerja bedah kemiskinan rakyat dejahtera ini.

Kita harapkan dari 3.400 lebih RTMP yang menerima bantuan ini bisa memunculkan interpreneur baru di bidang peternakan,” lanjut Kabid Peternakan Wajo.

Dr.Boneng juga berharap agar program kerja bedah kemiskinan rakyat sejahtera ini betul-betul dapat menjadi salah satu solusi mata pencaharian baru untuk mensejahterakan dan mengangkat harkat martabat masyarakat miskin pertanian.

“Semoga program ini terlaksana dengan baik dan dapat mensejahterakan. Sekaligus mengurangi jumlah rumah tangga miskin kita di Kabupaten Wajo,” kata Dr Boneng.

Ia optimis, keberhasilan program ini berpengaruh terhadap bergulirnya kembali program serupa. Dan kedepannya, ia berharap jumlah alokasi bantuan yang tersalurkan dapat meningkat. (FAR)

Loading...

Baca Juga