oleh

Yon Zipur Makassar Gelar Perbaikan Jembatan Lafuteng Wajo

700 Covid FB

FOKUSBERITA – Jembatan Lafuteng merupakan jembatan penghubung desa di pedalaman kecamatan Gilireng. Juga merupakan akses menuju kecamatan Sajoangin, kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Perbaikan dan pemeliharaan jembatan lafuteng ini adalah program tahunan Yon Zipur Makassar yang sudah berlangsung selama 23 tahun.

Jembatan Lafuteng ini terletak di desa Mamminasae kecamatan Gilireng kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Proses perbaikannya dimulai Kamis (10/1/2019) kemarin oleh Yon Zipur Makassar.

Kegiatan perbaikan dan pemeliharaan jembatan ini mengerahkan 15 anggota TNI Yon Zipur, dipimpin oleh Kapten Mappawari. Yon Zipur juga mengerahkan 1 unit skavator miliknya ke lokasi tersebut.

“Perbaikan jembatan Lafuteng ini untuk kelancaran akses jalan untuk masyarakat,” kata Kapten Mappawari, Selasa (15/1/2019).

Ia melanjutkan bahwa perbaikan yang kami lakukan sekarang ini masih program pemeliharaan untuk tahun 2018. Kali ini perbaikan difokuskan pada penggantian lantai jembatan.

700 Covid FB

Jembatan dengan rangka baja ini memiliki panjang 36 meter dan lebar 3,94 meter. Penggantian papan lantai jembatan ini menggunakan 5 kubik kayu Kumia (5×20 cm) ukuran 4 meter. Kayu kumia ini berstruktur keras dan padat seperti kayu ulin di pulau Kalimantan.Yon Zipur juga melakukan pemeriksaan dan pengencangan baut rangka baja jembatan dan terakhir pengecatan jembatan dengan cat Avian.

Perawatan jembatan ini juga melibatkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) serta masyarakat desa setempat.

Program perawatan yang melibatkan beberapa stakeholder ini sangat baik karena kegiatannya lebih optimal dan dapat meningkatkan akselerasi pembangunan pedesaan khususnya desa tertinggal dan terisolasi.Bisa berbaur bersama dengan TNI dalam kegiatan seperti ini juga menjadi nilai tersendiri bagi masyarakat setempat.
Walaupun Mappawari dan timnya tinggal di Mamminasae kurang dari 2 minggu.

Bagi masyarakat desa Mamminasae, Yon Zipur sudah seperti kerabatnya sendiri. Hal ini disampaikan oleh beberapa warga yang fokus berita temui saat melintas di jembatan Lafuteng, Kamis (17/1/2019). (FAR)

Loading...

Baca Juga