oleh

Disperindagkop Kapuas Bakal Desain Bakul Purun

700 Covid FB

FOKUS BERITA.ID – Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Dan UKM Kabupaten Kapuas tengah mendisain tas belanja daari bahan bakul purun. Pembuatan tas belanja dari bahan ini adalah upaya untuk mengurangi   penggunaan kantongan plastik yang dipakai masyarakat ketika berbelanja baik di mall, toko dan warung.

Dijelaskan Plt Kadis Perindagkop Dan UKM Kapuas, Batu Panahan, penggunaan kantong plastik belakangan dinilai banyak memunculkan persoalan lingkungan.

“Untuk itu, kedepan guna mengurangi penggunaan kantongan plastik, kami akan mencoba mendesain bahan dari Bakul Purun,” kata Batu Panahan kepada wartawan fokusberita.id, Jum’at pagi di kantornya (20/9/2019).

Di jelaskan, setidaknya dengan pola ini bertujuan membatasi penggunaan kantongan plastik oleh masyarakat.

700 Covid FB

Bakul Purun adalah sebuah wadah dari anyaman tanaman purun. Purun merupakan jenis tumbuhan rumput yang hidupliar di dekatair atau rawa. Purun merupakan tumbuhan yang sejenis dengan daun pandan yang hidup di sekitar rawa.

“Kantongan dari Bakul Purun nantinya di desain dengan bentuk menarik, meski masih dipikirkan alternatif lain, tetapi murni hasil produk Kabupaten Kapuas,” tukasnya.

Mantan Camat Timpah ini melanjutkan, program ini sebagai tindak lanjut atas Peraturan Bupati (Perbup) Bupati Kapuas soal pembatasan sampah plastik.

“Namun kami juga men sosialisasikan kepada masyarakat secara bertahap, bersama stake holder lainnya. Dengan begitu, Kapuas semakin bebas dari sampah plastik,” katanya. (ROB)

Loading...

Baca Juga