oleh

DPUPRPKP Kapuas Merakit 100 Septic Tank Fiberglass

FOKUSBERITA.ID – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kabupaten Kapuas merakit 100 septic tank fiberglass. Jumlah 100 septic tank ini diperuntukkan bagi 100 Kepala Keluarga (KK) di Kecamatan Selat, melalui program hibah DAK air limbah setempat.

Plt Kadis DPUPRPKP Kapuas, Teras ST, MT melalui Kabid Cipta Karya Jonnie, ST mengatakan, program DAK air limbah setempat yakni dengan pembuatan Septic Tank individual tak terkecuali komunal.

Dikatakan Jonnie, selama ini kebanyakan masyarakat masih memakai septic tank terbuat dari kayu ulin tak bertahan lama dan merembes.

“Dengan adanya program ini nantinya septic tank diganti dengan fiberglass. Sehingga kuat dan dapat bertahan,” katanya saat dijumpai para awak media, di ruangan kantor Cipta Karya pada Rabu (11/9/2019).

Septic tank fiberglass, lanjutnya, bisa bertahan 3 tahun sampai 5 tahun.

“Air limbah setelah proses daur ulang dapat dibuang ke sungai. Sedangkan tinja padat dapat di gunakan diolah jadi pupuk,” tandasnya.

Selain itu, ia menyebutkan, untuk Kecamatan Selat, bakal dihibahkan septic tank meliputi Kelurahan Selat Dalam, Selat Utara, Desa Pulau Telo Kecamatan Selat. Juga beberapa desa yang berada di Kecamatan Kapuas Murung seperti Desa Palingkau Jaya.

“Program ini meningkatkan sanitasi lingkungan. Lebih dari itu, pencegahan stunting seperti diprogramkan Pemkab Kapuas,” pungkasnya. (ROB)

Loading...

Baca Juga