oleh

Hardiknas di Wajo, Momentum Pembentukan Generasi Berkualitas

FOKUSBERITA.ID – Pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) ini ditekankan bahwa pendidikan adalah investasi masa depan. Untuk mewujudkan pendidikan yang berkarakter maka harus diikat dengan nilai-nilai budaya kearifan lokal.

“Pendidikan juga harus mengedepankan kualitas. Untuk mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang kompetitif,” Kata Bupati Wajo dalam sambutan Hardiknas di Lapangan Merdeka Sengkang Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Kamis (2/5/2019).

Upacara Hardiknas ini diikuti oleh bupati Wajo, DR.H.Amran Mahmud SSos,MSi, Wakil Bupati Wajo, H.Amran,SE, Kapolres Wajo, AKBP Asep Marsel Suherman,S.IK. Dandim Wajo Letkol Ustman Abdul Ghofir, Kadis pendidikan Drs. Jasman Juanda MSi, sejumlah pejabat eselon, serta Aparatur Sipil Negara ( ASN) lingkup Pemkab Wajo.

Hardiknas tahun ini dirangkaikan dengan penganugrahan Satya lencana tanda kehormatan 10 tahun, 20 tahun, 30 tahun kepada 380 ASN di Kabupaten Wajo. Sekaligus pemberian penghargaan kepada guru dan siswa yang berprestasi di tingkat nasional oleh Bupati Wajo yang didampingi oleh wakil Bupati dan Kadis pendidikan Wajo.

Bupati Wajo membacakan sambutan seragam Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Mengangkat tema Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan.

“Hubungan erat antara Pendidikan dengan Kebudayaan merupakan instrumen yang saling menguatkan lahirnya SDM berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan,” tegas bupati Wajo.

Pembentukan SDM yang handal tentunya mengedepankan 2 aspek penguatan. Yaitu aspek pembentukan karakter dan generasi berkualitas. Aspek pembentukan karakter dimaksudkan dapat membentuk insan yang berakhlak mulia. Memiliki budi pekerti, sopan santun dan bertanggungjawab.

Sedangkan penyiapan generasi berkualitas, dimaksudkan dapat menyiapkan SDM yang terdidik, terampil dan cakap dalam menghadapi dunia kerja.

“Melalui moment Hardiknas ini, marilah kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional. Yang menitikberatkan pada pembentukan SDM. Yang mampu mewujudkan tantangan perkembangan zaman yang makin kompetitif. Untuk memajukan dunia pendidikan diperlukan adanya sinergitas dari berbagai pihak. Termasuk peranan guru dan orang tua,serta lingkungan tempat tinggalnya,” kata Bupati Wajo. (FAR)

Loading...

Baca Juga