oleh

Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas Canangkan Program Ketahanan Pangan

FOKUSBERITA.ID – Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Kuala Kapuas melangsungkan acara Pencanangan Program Ketahanan Pangan Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020. Diharapkan, para warga binaan yang dinyatakan bebas memiliki keterampilan, sehingga bisa memiliki hasil karyanya sendiri.

Pencanangan Program Ketahanan Pangan Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020 digelar di Aula Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas, Senin (19/10/2020). Hadir dalam acara ini Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan RI Hendra Eka Putra beserta jajaran.

Acara tersebut diawali dengan prosesi Potong Pantan yang dilakukan oleh Hendra Eka Putra. Selanjutnya disambut dengan tari-tarian dari sanggar tari Tingang Menteng Panunjung Tarung. Seluruh tamu undangan kemudian dipersilahkan masuk kedalam Aula Rutan untuk melangsungkan acara Pencanangan Program Ketahanan Pangan Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020.

Plt Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor mengucapkan selamat datang kepada seluruh tamu yang datang ke Kuala Kapuas, Kota Air yang aman, indah, dan ramah. Ia berharap pertemuan ini dapat menjadi sarana silaturahmi. Sehingga menghasilkan pengembangan program Ketahanan Pangan Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020 yang telah dicanangkan ini.

“Terimakasih atas kerjasamanya dengan masyarakat dan pemerintah daerah. Semoga dapat bermanfaat dengan adanya kegiatan pencanangan ini,” ungkap HM Nafiah Ibnor.

Sementara itu Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan RI berharap, melalui kegiatan ini para warga binaan yang dinyatakan bebas dapat memiliki keterampilan dilingkungannya sehingga bisa memiliki hasil karyanya sendiri. Sehingga apabila mereka keluar nanti mampu menunjukan jati dirinya. Dan mempromosikan apa-apa saja hasil atau buah karya selama menjalani masa tahanan di Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas.

“Saya harapkan Pemerintah Daerah dapat mendukung penuh program ini. Sehingga dapat tercapai resolusi permasyarakatan tahun 2020 sesuai apa yang di inginkan,” tutur Hendra.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan juga penandatanganan Memory of Understanding (MoU) dengan Dinas Pertanian Kapuas, Dinas Perikanan Kapuas, Disperindagkop Kapuas dan Kelompok masyarakat peduli permasyarakatan Desa Bunga Mawar dengan tujuan meningkatkan kualitas WBP Rutan.

Kemudian dilanjutkan dengan acara bazar serta mengunjungi lokasi Open Camp Bunga Mawar untuk melakukan tanam perdana dan peninjauan area pertanian seluas 25 hektare di Bunga Mawar Handel Gabin, Kecamatan Pulau Petak.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Anggota DPR RI Komisi III Dapil Kalimantan Tengah Ary Egahni Ben Bahat, Plt Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor beserta Plt Sekretaris Daerah Septedy dan jajaran. Kemudian juga dihadiri Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalteng yang diwakili oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalteng Hanibal dan Kepala Divisi Pemasyarakatan Abdul Karim berserta Kepala UPT Kalimantan Selatan. (ROB)

Loading...

Baca Juga