oleh

Sekretaris Daerah Harap Jurnalis SBT Jaga Independensi

FOKUSBERITA.ID, BULA – Peringati Hari Pers Nasional Ke-76, Sekretaris Daerah (Setda) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Drs. Jafar Kwairumaratu mengharapkan para Jurnalis menyebarkan informasi dengan menjaga objektivitas dan independensinya.

Hal tersebut disampaikan Kwairumaratu saat hadiri HPN yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kab. SBT, Bertempat di Restouran and Cafee Jl. Protokol Desa Bula Kecamatan Bula, Kamis (9/02/23).

Kegiatan yang dirangkai dengan Shearing Seassion dengan topik Upgrading Kapasitas Jurnalis, PWI menghadirkan 3 narasumber, yakni Mahmud Madaul Trainer Jurnalistik, Djabar Tianotak Wartawan Senior Ambon Expres dan Siti Rizkia Meutia Manaban, MM Kepala Bidang Media Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kab. SBT.

Dihadapan puluhan Wartawan Media Cetak, media elektronik, media online, dan Pimpinan OKP/I, Jafar Kwairumaratu menguraikan bahwa Pers sebagai implementasi dari pembagunan masyarakat memiliki 4 (empat) fungsi. Yaitu informasi, mengkorelasikan, menghibur, dan soft score.

Selain itu, tak kalah penting, bahwa Pers juga mengkomposisikan diri dengan agenda-agenda sosial.

Indonesia adalah negara yang besar dan bangsanya memiliki berbagai macam perbedaan suku, agama, ras dan budaya.

Sehingga untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat harus diteliti dengan objektif, jujur, transparan sesuai dengan kode etik jurnalistik yang dituangkan dalam UU Pers, agar tidak menciptakan polemik.

“Indonesia dengan berbagai macam perbedaan suku, agama, ras dan budaya ini, Pers dalam menyampaikan informasi kepada publik harus diteliti masalah yang mau disampaikan dengan baik.” Ucap Kwairumaratu!

Pada kesempatan itu, ketua Pengurus Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Seram Bagian Timur, Abdul Yasin Kelderak, dalam sambutannya juga menjelaskan terkait diskusi Upgrading Kapasitas Jurnalistik dalam perayaan Hari Pers Nasional.

Menurutnya, kegiatan yang mengusung tema “Pers Bebas Demokrasi Bermartabat” dan disertai diskusi Upgrading Kapasitas Jurnalistik ini untuk meningkatkan kualitas pengetahuan para Jurnalis di Kabupaten Seram Bagian Timur lebih optimal.

“Alasan kegiatan diskusi ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman para Jurnalis Kab. SBT.” Ucap Kelderak! (ZKL)

Loading...

Baca Juga